Tips Belajar Bahasa Korea dengan Lagu K-Pop

Belajar Bahasa Korea dengan Lagu - www.bbva.com Belajar Bahasa Korea dengan Lagu - www.bbva.com

Dengan industri K-Pop yang semakin pesat, membuat sebagian orang mencoba untuk belajar Korea. Sayangnya, banyak orang merasa bosan dan kebingungan saat belajar. Supaya belajar bahasa Negeri Ginseng terasa menyenangkan dan mudah, Anda bisa memanfaatkan K-Pop yang sedang berkembang, seperti mendengarkan Korea yang sedang hits.

Budaya dari berkembang dengan sangat pesat di Nusantara sejak adanya hallyu atau Korean wave, karena musik, , drama, program TV, dan gaya hidup yang menarik bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga yang membuat jumlah KPopers di Indonesia melonjak pesat.

Selain itu, di beberapa kampus terkenal juga sudah diadakan kelas khusus untuk belajar bahasa dan kebudayaan Negeri K-Pop tersebut. Meskipun begitu, tak semua mahasiswa benar-benar paham dengan materi yang diajarkan. Belajar bahasa Korea memang tidak mudah, tetapi akan terasa menyenangkan jika Anda memanfaatkan lagu K-Pop. Lalu, bagaimana memanfaatkannya untuk belajar bahasa Korea?

Dengarkan Lagu K-Pop dengan Saksama

Kebanyakan lagu K-Pop memiliki ritme yang membuatnya mudah dihapalkan. Selain itu, beberapa lagu dengan konsep modern juga mudah dimengerti, karena penulisan huruf yang tidak terlalu rumit. Pilihlah lagu yang Anda suka dan dengarkan dengan saksama sambil menghapal makna dan penulisan liriknya menggunakan Hangul. Selain menyenangkan, ini mempermudah Anda untuk mengingat kosakata yang ada di dalam lagu.

Baca juga:  Mengucapkan Selamat Tinggal dan Sampai Jumpa
Mendengarkan Lagu K-Pop - www.inc.com

Mendengarkan Lagu K-Pop – www.inc.com

Tidak hanya mendengarkan, sesekali cobalah untuk membedah isi liriknya. Kebanyakan lagu K-Pop memiliki arti yang dalam dan beberapa lagu juga memakai bahasa kiasan. Ini akan menuntun Anda belajar dengan bahasa yang indah dan mudah dimengerti.

Supaya lebih mudah, Anda bisa hasil bedah lirik musik yang Anda dengarkan di sebuah note atau kertas. Cara ini juga akan mempermudah Anda untuk mempelajari gaya bahasa yang dipakai dalam lagu. Mungkin, dengan ini pula, Anda akan terinspirasi untuk membuat lagu dengan bahasa Korea.

Loading...

Ikuti Setiap Lirik yang Ada dalam Lagu K-Pop

Bagi Anda yang masih buta dengan Hangul atau kesulitan huruf Korea tersebut, Anda bisa memulai dengan level yang mudah, yakni dengan mengikuti lirik lagu. Kebanyakan lagu K-Pop memang memiliki pengucapan lirik yang cepat. Jadi, fokuslah dengan setiap ritme dan nada yang cocok dengan atau kata pada lirik lagu, karena akan membantu Anda bisa belajar membaca hangul dengan cepat dan tepat.

Baca juga:  Cara berucap ‘halo’ dan Sapaan lainnya dalam bahasa Korea

Supaya lebih mudah, mungkin Anda harus mengucapkan lirik lagu sambil bernyanyi. Cara ini juga akan melatih kepekaan telinga Anda terhadap bunyi dan ketukan nada. Selain itu, Anda juga harus mencocokan kata yang ada di dalam teks dengan cara pengucapannya atau biasa disebut dengan pronunciation.

Cara pengucapan setiap kata pada bahasa Korea memiliki konsep yang hampir sama dengan bahasa Inggris, yaitu beda tulisan akan beda pengucapan dan beda pengucapan akan beda arti. Sehingga, Anda harus benar-benar tepat dalam mengucapkan sebuah kata jika ingin berbicara dalam bahasa Korea, agar orang yang Anda ajak bicara tidak bingung dan nyambung.

K-Pop Group Blackpink - tubularlabs.com

K-Pop Group Blackpink – tubularlabs.com

Sering Karaoke Memakai Lagu K-Pop

Bagi Anda yang hobi bernyanyi, kabar menyenangkan jika Anda ingin memahami bahasa Korea dengan mudah, yaitu dengan karaoke. Saat karaoke, pilihlah lagu K-Pop yang paling Anda suka dan nyanyikan dengan sepuas hati. Meskipun Anda belum mengetahui arti dan tulisan Hangulnya, ini adalah langkah awal untuk belajar bahasa Korea.

Baca juga:  Cara Mengucap Kata Tanya ‘Bagaimana’ dalam Bahasa Korea

Setelah menyanyikan lagu K-Pop, pastinya ada beberapa lirik lagu dengan nada yang terngiang-ngiang di kepala Anda. Ini akan membuat Anda penasaran dan mulai membuka kamus bahasa Korea. Jadi, mau tidak mau, Anda akan mencari tulisan Hangul, cara membaca, dan artinya. Inilah yang disebut dengan pemahaman dasar untuk belajar bahasa Korea.

Beberapa lagu yang menarik juga membuat Anda asyik untuk bernyanyi. Secara tidak sadar, Anda sudah menghapal banyak kosakata. Dari sini, bank kosakata Hangul Anda akan semakin menumpuk dan banyak. Sehingga, Anda akan sering membuka kamus dan rajin belajar tanpa bosan.

Bagi Anda yang sudah memiliki banyak kosakata dan bisa mengucapkannya dengan benar, awali pelajaran Anda dengan menyusun sebuah kalimat. Anda bisa memperhatikan struktur bahasa dari lagu yang Anda dengarkan. Tulislah kalimat tersebut pada buku khusus untuk mengetahui sejauh mana Anda telah belajar. Dengan rajin berlatih, maka Anda akan bisa berbahasa Korea dengan fasih.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.