Mengekspresikan ‘Enak’ dan ‘Tidak Enak’ Menggunakan Bahasa Korea

“Makanan ini enak!” Lalu, bagaimana mengucapkannya dalam ?

Dalam drama-, terutama saat tiba adegan makan, pemerannya biasa mengucapkan kata 맛있다 ‘Masshita’ atau 맛있어 요‘Masshiseoyo’. Kata 맛있어요 ‘Masshiseoyo’ terbentuk dari 맛 ‘mat-’ yang memiliki arti ‘rasa’ dan 있어요  ‘-isseoyo’ yang berarti ‘enak’ atau ‘lezat’. Secara harfiah, 맛있어요‘Masshiseoyo’ diartikan dalam Bahasa Indonesia menjadi ‘rasa (makanan ini) enak’ atau ‘rasanya lezat’.

www.kompasiana.com

www.kompasiana.com

Lebih dari sekedar mengekspresikan rasa senang karena makanan yang lezat, pengucapan kata 맛히따 ‘Masshita’ atau 맛있어 ‘Masshiseoyo’ di Korea juga digunakan untuk memuji si tukang masak atau yang memberikan makanan pada kita. Hal ini sangat penting untuk diucapkan ketika Anda diundang untuk makan ke rumah seseorang.

Baca juga:  Info Film Hot Korea The Scarlet Letter

dalam

  • 이거 맛있어요 ‘igeomasisseoyo’ = Ini lezat
  • 저 케익 맛있어요 ‘jeo keig masisseoyo’ = Roti itu lezat
  • 삼겹살 맛있어요 ‘samgyeopsal masisseoyo’ = Samgyeopsal (daging panggang khas Korea) itu lezat.
  • 뭐가 맛있 어요? ‘mwoga masisseoyo?’ = Apa yang enak?

Hal yang harus diingat, pelafalan terakhir dalam kata 맛 ‘mat’, yaitu ㅅ ‘t-’ berubah menjadi ‘s’ ketika diikuti oleh 있어요 ‘-isseoyo’. Sehingga kata ini bukan diucapkan ‘matshiseoyo’ melainkan berubah menjadi ‘masshiseoyeo’.

Ketika diundang makan di sebuah tempat makan, dan rekan Anda yang mentraktir makanannya, Anda sepatutnya mengucapkan 잘 먹겠습니다 ‘jal meoggesseumnida’. Secara harfiah, ucapan ini memiliki arti ‘saya akan makan dengan baik’. Ekspresi ini seringkali digunakan di antara orang Korea ketika mereka akan mulai makan.

Baca juga:  Contoh Percakapan Bahasa Korea Sehari Hari

Setelah selesai makan, Anda dapat berterimakasih pada yang membayar makanan juga dengan mengucapkan 잘 먹겠습니다 ‘jal meoggesseumnida’. Mengapa ini kembali digunakan? Pada dasarnya, 잘 먹겠습니다 ‘jal meoggesseumnida’ memilik arti ‘ atas makanannya’. Jika diucapkan sebelum makan akan membentuk arti ‘saya akan makan dengan baik’. Sedangkan jika diucapkan sesudah makan mengubah artinya menjadi ‘saya telah makan dengan baik’.

Setelah mempelajari cara mengekspresikan kelezatan makanan, sekarang waktunya untuk mempelajari ekspresi kebalikannya. Saat menemukan makanan yang rasanya tidak enak, Anda cukup mengatakan 맛없어요 ‘madeopseoyo’ yang artinya ‘makanan ini rasanya tidak enak’ atau ‘rasanya mengerikan’.

Hampir sama pada pengucapan kata 맛있어 ‘Masshiseoyo’, pelafalan huruf terakhir dalam kata 맛 ‘mat’, yaitu ㅅ ‘t-’ berubah menjadi ‘d’ ketika diikuti oleh kata 없어요 ‘eobseoyeo’ sehingga dibaca ‘madeopseoyeo’, bukannya ‘mateopseoyeo’.

Baca juga:  Mengenal Panggilan Untuk Ibu Dalam Bahasa Korea

*SH

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *