Belajar Vokal Dasar Dan Vokal Rangkap Dalam Huruf Korea

korea

Kebanyakan orang berpikir memiliki ribuan karakter yang sulit dihafal. Tetapi sebenarnya, memiliki -huruf yang sangat sederhana dan logis, yang dapat Anda pelajari dalam beberapa menit. -hurufnya memiliki suara yang sama juga memiliki bentuk yang sama, sehingga mudah untuk dipelajari.

Alfabet atau (한 글) ternyata hanya memiliki 24 huruf abjad yang terdiri dari 14 konsonan dan 10 vokal . Dalam penyusunannya, konsonan dan vokal ini disusun menjadi suku kata dalam bentuk balok.

Kemudian dari sejumlah karakter tersebut dikembangkan lagi dengan ditambahkannya 11 huruf vokal rangkap dan 16 huruf konsonan rangkap. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai vokal dasar dan vokal rangkap dalam huruf korea.

Baca juga:  Mengucapkan “Terima kasih” Dalam Bahasa Korea
  • Vokal dasar / 모음 [mo-eum]

Karakter vokal dasar Hangeul memiliki 10 buah huruf vokal atau dalam bahasa Koreanya disebut 모음 [mo-eum]. Kesepuluh huruf vokal tersebut adalah 아, 야, 어, 여, 오, 요, 우, 유, 으, 이.

  • Vokal Rangkap / 복모음 [pok mo-eum]

Karakter vokal rangkap Hangeul merupakan gabungan beberapa huruf vokal yang menghasilkan karakter dan bunyi vokal baru. Vokal rangkap atau 복모음 [pok mo-eum] memiliki 11 huruf yaitu 애, 얘, 에, 예, 외, 와, 왜, 워, 웨, 위, 의.

Proses Pembentukan Vokal Rangkap
Gabungan Vokal Rangkap Berdiri sendiri Romanisasi Bunyi
ㅏ+ㅣ æ ε
ㅑ+ㅣ
ㅓ+ㅣ e e
ㅕ+ㅣ ye ye
ㅗ+ㅣ we/oe we
ㅗ+ㅏ wa wa
ㅗ+ㅐ
ㅜ+ㅓ wo wo
ㅜ+ㅔ we we
ㅜ+ㅣ wi wi
ㅡ+ㅣ eui eui
Baca juga:  Mengucapkan Halo Dan Salam Dalam Bahasa Korea

Sedangkan Huruf Konsonan Hangeul terdiri dari 14 Konsonan dasar yaitu ㄱ(k/g), ㄴ (n), ㄷ(d/t), ㄹ(r/l), ㅁ(m), ㅂ(b), ㅅ(s), ㅇ(jika diletakan sebagai konsonan terakhir dibaca “ng”), ㅈ(j), ㅊ(ch), ㅋ(kh), ㅌ(th), ㅍ(ph), ㅎ(h). Serta 16 Konsonan rangkap yang terdiri dari:

  • 5 huruf rangkap sama, yaitu : ㄲ, ㄸ, ㅉ, ㅃ , ㅆ.
  • 11 huruf rangkap beda, yaitu : ㄳ, ㄵ, ㄶ, ㄽ, ㄾ, ㅀ, ㅄ, ㄺ, ㄻ, ㄼ, ㄿ

Sedangkan untuk tata penulisannya, huruf-huruf tersebut dikelompokkan ke dalam blok suku kata yang mengandung konsonan awal (yang mungkin diam atau ganda), satu atau dua huruf hidup (di bawah atau ke kanan), dan kadang-kadang konsonan akhir (bawah

Demikian pembahasan kali ini tentang mengenal Vokal Dasar Dan Vokal Rangkap Dalam Huruf Korea. Jika Anda menemui kesulitan dalam membaca bahasa Korea, akan lebih baik jika bahasa Korea lebih intensif di lembaga bahasa Korea.

Baca juga:  Mengenal Angka Dan Bilangan Dalam Bahasa Korea

*SH

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *