Sapaan Dalam Bahasa Korea Untuk Berbagai Situasi

annyeongMenyapa orang lain merupakan salah satu budaya yang menunjukkan keramahan dan dilakukan hampir di setiap negara, termasuk Korea. Orang  Korea memang dikenal memiliki kebudayaan yang sangat ramah dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mempelajari kata sapaan adalah hal yang wajib dalam mempelajari bahasa Korea.

Ungkapan salam atau sapaan yang digunakan dalam bahasa Korea sama seperti bahasa lainnya seperti ‘’ atau ‘Apa Kabar?’. Kata Sapaan dalam bahasa Korea juga terdiri dua jenis, dan Informal.

K sapaan dalam bahasa Korea ada beberapa variasi yang dapat digunakan tergantung situasinya. Berikut adalah beberapa kata sapaan dalam bahasa Korea yang digunakan menurut situasinya:

1. Saat berjumpa ( 만났을 때 )

Baca juga:  Belajar Konsonan Rangkap Dalam Huruf Korea
  • 안녕 (anyoung), Anda dapat menyapa saat berjumpa teman akrab Anda dengan ucapan ini, namun jika tidak terlalu akrab biasa digunakan “안녕하세요  (Annyeong haseyo).
  • 안녕하십니까 (Annyeong hasimnika) biasa digunakan untuk situasi formal untuk menunjukkan penghormatan yang lebih kepada seseorang yang lebih tua atau statusnya lebih tinggi.
  • Salam atau sapaan diatas bisa digunakan untuk menyatakan “, baik pagi, siang, sore ataupun malam”, dan diucapkan di awal perjumpaan pada hari itu. Satu hari cukup sekali saja.
  • 처음 뵙습니다 (cheoeum bwepsemnida) bisa digunakan sebagai sapaan yang bisa dimaknai ”apa kabar”.
  • 만나서 반갑습니다 (mannaseo bangapseumnida) atau 만나서 반가워요 ( mannaseo bangaweoyo ). Artinya kurang lebih setara dengan “senang bertemu dengan Anda dengan yang sopan dan paling formal.
Baca juga:  Persamaan dan Perbedaan Orang Jepang dan Orang Korea

2. Saat berjumpa setelah lama tidak bertemu ( 오랜만이 만날 때 )

  • 오래만이에요 (oraemaniyeyo). Sapaan ini kurang lebih berarti ”lama tidak berjumpa dengan Anda“.
  • 잘 지내셨어요 ( jal jinae syeosseoyo ). Sapaan ini bisa digunakan untuk menanyakan kabar seperti ”baik2 saja kan? karena yang diinginkan jawaban ”잘 지내요 (jal jinaeyo)” artinya baik-baik saja.

3. Bertemu waktu pagi hari (아침 만났을 때)

  • 안녕히 주무셨습니까 (Annyeonghi Jumusyeotseumnikka)?. Artinya ”apakah tidur anda  nyenyak?” ini digunakan sebagai sapaan .
  • 좋은 아침이에요 (joheun achimieyo). Sapaan ini juga berarti ” selamat pagi “.

4. Salam waktu malam (밤에 인사)

Loading...
  • 안녕히 주무세요 (Annyeonghi jumuseyo) adalah sapaan atau salam untuk ucapan” ”.
  • Sedangkan bila salam diucapkan kepada teman atau seorang yang akrab bisa dengan 잘자 (jalja) atau 좋은 꿈꿔 (Joheun kkum kweo).
Baca juga:  Mempelajari Contoh Kalimat Bentuk Pasif Bahasa Korea

Itu tadi adalah beberapa kata sapaan yang bisa digunakan untuk menyapa dalam bahasa Korea di berbagai situasi. Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk menyapa seseorang dalam bahasa Korea. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea Anda, akan lebih baik jika mengikuti pembelajaran bahasa Korea di lembaga bahasa Korea.

-YR-

2 Comments
  1. ponseliga
    • Prisca Aditya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *