Orang Jepang Lebih Ramah Daripada Orang Korea, Benarkah?

Sejumlah pelancong yang sempat mengunjungi beberapa di , seperti Jepang dan menemukan kesan yang berbeda dari kehidupan sosial kedua negara tersebut. Penduduk Jepang diakui lebih ramah terhadap pengunjung atau wisatawan asing daripada . Jepang juga memiliki lebih banyak tempat atau spot yang bisa dinikmati ketimbang .

Orang Korea - news.arabnet.me

Orang Korea – news.arabnet.me

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan asing betah untuk tinggal di adalah karena penduduknya yang ramah. Hal ini berkebalikan dengan apa yang terjadi di Korea Selatan. Menurut penuturan beberapa orang, sebagian besar orang di Korea Selatan adalah xenophobic. Mereka terlalu takut dan menjaga jarak dengan orang asing yang tak sesuai dengan ras atau sukunya.

Mereka akan berlaku arogan dan memandang rendah siapa saja. Orang Korea Selatan menganggap dirinya superior hingga bisa melakukan apa saja. Mereka akan langsung mencibir dengan bahasanya sendiri tepat di depan orang yang dianggap rendah itu. Apa yang dilihat pada tidaklah semuanya benar. Jadi siapa saja yang akan berwisata ke Korea Selatan harus siap mental, terutama bertemu penduduk lokal yang masih memegang teguh pendiriannya ini.

Banyak wisatawan asing yang menganggap orang Korea lebih dingin dan lebih suka menyendiri daripada orang Jepang, hal tersebut yang dapat membuat wisatawan asing   merasa tidak diharapkan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak wisatawan asing utamanya para backpacker yang tidak dapat menemukan banyak tempat-tempat wisata, kecuali hanya menghabiskan waktu di hotel, pergi ke beberapa restoran yang direkomendasikan di website Korea, dan berbelanja di sejumlah pusat belanja rekomendasi orang Korea.

Baca juga:  Alasan Minimnya Penggunaan Aksara Hanja dalam Bahasa Korea

Korea adalah negara yang mulanya sangat miskin menjadi kaya raya dalam rentang tiga dekade. Itu berarti hanya ada 2 generasi di sana. Selain itu, mereka selalu memiliki kebijakan tertutup yang berlangsung selama berabad-abad.

Meski begitu, dengan menjadi pusat Hi-Tech teratas dan memiliki beberapa universitas dan sekolah terbaik di Asia Timur, Anda mengira akan ada banyak anak muda Korea yang tertarik pada dunia luar, tentang bagaimana mengenal negara-negara lain dan masyarakat lain, tapi sekali lagi, mereka harus menghadapi rintangan lain yang sering tidak memungkinkan mereka untuk menjadi ramah, yakni kendala bahasa. Jadi, orang Korea akan selalu memilih untuk tampak sombong daripada dianggap bodoh, pemalu, ataupun lemah.

Beberapa wisawatan asing juga menemukan orang Korea cenderung untuk membuka diri dan bersikap hangat jika Anda mencoba untuk berbicara bahasa mereka atau jika mereka memiliki pengalaman untuk belajar atau tinggal di luar negeri, meskipun tidak selalu. Orang Korea dianggap jauh lebih luar biasa, jelas, dan jujur daripada orang Jepang untuk segala hal, tapi sikap beberapa orang ini benar-benar menjengkelkan. Terkadang rasanya mereka ingin dibiarkan sendiri atau tetap berpegang pada diri mereka sendiri, tapi entah bagaimana mereka juga menuntut pengakuan, diakui, dan bahkan ingin dikagumi orang lain.

Di sisi lain, penduduk Jepang mungkin akan banyak tersenyum, terorganisir dengan baik dan bertindak dengan cara yang sangat sopan, tapi hanya itu saja. Itulah yang kita sebut ‘honne and tattemae’ (seperti apa dan bagaimana sebenarnya mereka). Orang Jepang tidak hanya dengan sopan menghindari orang luar, tapi mereka juga saling menjauhkan diri satu sama lain. Bahkan sedikit orang Jepang yang memiliki teman baik dan dekat meskipun sesama kewarganegaraan sendiri dan jumlah perkawinan di Jepang pun menurun drastis. Namun, mereka lebih rela membantu wisatawan daripada orang Korea rata-rata dalam kasus melihat seseorang tersesat di jalanan.

Dalam hal berteman di Korea, terlepas dari semua yang orang asing katakan, masih jauh lebih mudah daripada membuat teman-teman orang Jepang. Selain itu, orang Jepang sepertinya tidak memiliki satu kesempatan pun di depan orang Korea saat membicarakan percakapan cerdas dan mendalam.Tentu saja,semua orang memiliki sifat masing-masing, akan tetapi kebanyakan orang Jepang, tidak bisa disangkal memiliki sifat introvert.

Keuntungan utama Korea adalah makanan dan transportasi jauh lebih murah dan, akomodasi dan makanan tersebut juga lebih baik daripada di Jepang. Maksudnya adalah di Korea Anda bisa mendapatkan makanan dengan yang lebih murah dan rasa yang lebih nikmat. Sementara untuk , Korea memiliki sistem kereta bawah tanah yang luar biasa baik dengan biasanya kurang dari 1 euro dan bus jarak jauh menawarkan seluruh sofa tidak hanya untuk duduk, tetapi juga untuk berbaring, memiliki banyak ruang kaki.