Mengenal lebih jauh Kota Seoul, Ibu Kota Korea Selatan

Seoul merupakan sebuah khusus di Selatan yang telah berusia lebih dari 600 tahun. Di masa lalu, Kota Seoul menjadi dari seluruh , hingga pada tahun 1948, kota ini resmi menjadi ibukota Selatan atau yang disebut pula Republik .

kota seoul - archives.portalsatu.com

kota seoul – archives.portalsatu.com

Dulunya, Kota Seoul dikenal dengan berbagai , diantaranya Wirye-seong (위례성; 慰禮城) di era Baekje, Hanju (한주; 漢州) di era Silla, Namgyeong (남경; 南京) pada masa Goryeo, Hanseong (한성; 漢城) pada era Baekje dan Joseon, Hanyang (한양; 漢陽) di era Dinasti Joseon, hingga Gyeongseong (경성; 京城) pada masa pendudukan kolonial.

Kota Seoul berdiri di wilayah seluas 605.21 km² dengan sebuah sungai bernama Sungai Han membagi wilayahnya menjadi dua bagian. Seoul terletak di barat laut , di bagian selatan DMZ Korea. Kota ini berperan sebagai pusat politik, , sosial dan ekonomi di Korea Selatan serta Asia Timur. Aktifitas bisnis, keuangan, perusahaan multinasional, dan organisasi global juga tak bisa dilepaskan dari Seoul. Hingga kini, Seoul masih dianggap sebagai sinar perekonomi Asia Timur, simbol keajaiban ekonomi Korea.

Baca juga:  Bahasa Korea Sayang Untuk Sahabat

Ada sekitar 10 jiwa penduduk Korea Selatan yang mendiami kota ini. Mobilitas kota pun sangatlah padat, membuat kota ini terkadang masih bergelut dengan kemacetan. Beruntungnya, Kota Seoul sangat memperhatikan perihal peranan transportasi umum terintegrasi untuk mengurai kemacetan, semisal dengan dihadirkannya bus, kereta, subway, taksi, dan pelebaran jalanan di ibukota.

Secara administratif, Kota Seoul dibagi menjadi 25 distrik atau disebut gu (구). Ke dua puluh lima gu ini dibagi lagi menjadi 522 dong, dan dibagi lagi menjadi 13.787 tong, hingga menjadi 102.796 ban. Berikut daftar 25 distrik atau gu (구) di Korea Selatan,

  1. Dobong-gu (도봉구; 道峰區)

  2. Dongdaemun-gu (동대문구; 東大門區)

  3. Dongjak-gu (동작구; 銅雀區)

  4. Eunpyeong-gu (은평구; 恩平區)

  5. Gangbuk-gu (강북구; 江北區)

  6. Gangdong-gu (강동구; 江東區)

  7. Gangnam-gu (강남구; 江南區)

  8. Gangseo-gu (강서구; 江西區)

  9. Geumcheon-gu (금천구; 衿川區)

  10. Guro-gu (구로구; 九老區)

  11. Gwanak-gu (관악구; 冠岳區)

  12. Gwangjin-gu (광진구; 廣津區)

  13. Jongno-gu (종로구; 鍾路區)

  14. Jung-gu (중구; 中區)

  15. Jungnang-gu (중랑구; 中浪區)

  16. Mapo-gu (마포구; 麻浦區)

  17. Nowon-gu (노원구; 蘆原區)

  18. Seocho-gu (서초구; 瑞草區)

  19. Seodaemun-gu (서대문구; 西大門區)

  20. Seongbuk-gu (성북구; 城北區)

  21. Seongdong-gu (성동구; 城東區)

  22. Songpa-gu (송파구; 松坡區)

  23. Yangcheon-gu (양천구; 陽川區)

  24. Yeongdeungpo-gu (영등포구; 永登浦區)

  25. Yongsan-gu (용산구; 龍山區)

Baca juga:  Kumpulan Puisi paling Terkenal dalam Bahasa Korea

Sebagai pusat ekonomi bisnis dan politik, kota ini diramaikan oleh berbagai perusahaan multi nasional yang hadir di dalamnya, seperti Samsung, LG, Hyundai dan Kia. Di bidang pendidikan, Seoul turut andil memegang peran melalui Seoul National University “서울대학교”, universitas terbaik di Korea sekaligus 5 besar dalam peringkat universitas terbaik dunia.

Kota Seoul juga unggul dalam segi pariwisata. Ada banyak tempat menarik yang banyak diserbu oleh para wisatawan mancanegara namsan tower atau seoul tower, lotte world, wisata air sungai han, museum, pusat perbelanjaan, istana kerajaan korea selatan, serta kawasan muslim di itaewon.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *