Mengenal Huruf Hanja Dalam Bahasa Korea

hanjaSeperti yang telah diketahui, atau yang digunakan dalam bahasa terdiri dari dua jenis yaitu dan . Pelajaran mengenai    telah  kita bahas pada tulisan-tulisan sebelumnya, maka  dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal Hanja dalam bahasa Korea.

Hanja (한자 / 漢字) atau juga bisa disebut Hanmun (한문; 漢文) kadang diterjemahkan sebagai aksara Tiongkok-Korea, adalah sebutan untuk aksara Tionghoa (Hanzi) dalam bahasa Korea, tetapi secara spesifik merujuk kepada aksara-aksara yang dipinjam bahasa Korea dan dijadikan bagian dari bahasa tersebut melalui pergantian pengucapan.

Hanja memang kurang familiar dan kebanyakan lebih fokus ke Hangul. Tapi sebenarnya huruf Hanja juga masih banyak digunakan di Korea.

Baca juga:  Inilah Situs-Situs Download Film Dan Drama Korea Free

Untuk pembentukan karakternya, setiap hanja terdiri dari salah satu dari 214 pola radikal ditambah dalam kebanyakan kasus satu atau lebih unsur tambahan. Sebagian besar hanja menggunakan elemen tambahan untuk menunjukkan suara karakter, tetapi beberapa hanja adalah murni pictographic dan beberapa dibentuk dengan lain.

Berikut adalah beberapa fakta atau hal-hal menarik tentang huruf Hanja  dalam  bahasa Korea:

1. Hanja adalah Korea untuk huruf/karakter Chinese, atau lebih tepatnya Hanja adalah kata2 yg dipinjam Korea dari Chinese dan dimasukkan dalam bahasa Korea lengkap dengan pengucapan Korea. Hampir sama Kanji dalam Japanese.

2. Hanja masih menjadi huruf paling dominan digunakan dalam bahasa Korea dibandingkan dengan Hangul sampai akhir abad ke-19.

Baca juga:  Belajar Bahasa Korea : Cara Mudah Menulis Huruf Hangul / Hangeul

3. Sejak diciptakannya hangeul pada masa King Sejong, hangeul mulai banyak dipakai dalam bahasa Korea, sehingga penggunaan Hanja pun mulai berkurang .

Loading...

4. Sekarang Hanja dapat ditemukan dalam literatur kuno, dokumen resmi/legal, monograf ilmiah, nama orang dan untuk kata2 yg memiliki khusus/ambigu.

5. Sebenarnya ada banyak kata dalam bahasa Korea yg diambil dari bahasa Mandarin.

6. Kini nama-nama tempat  di Korea sering dilengkapi dengan Hangul, Hanja, dan bahasa Inggris.

Berikut adalah berapa contoh penggunaan huruf Hanja  dalam bahasa  Korea:

Hanja Hangul Arti
백 (baek) Putih / White
왕 (wang) Raja / King
실 (sil) Kamar, ruang / Room, chamber
: 생 (saeng) Hidup, lahir / Living, birth
Baca juga:  Arti Nama-Nama Populer Yang Banyak Digunakan Dalam Bahasa Korea

Demikian sekilas pembahasan untuk mengenal huruf hanja dalam bahasa Korea. Mungkin masih akan sulit untuk memahami atau menghafal huruf bahasa Korea Hanja tersebut. Maka dari itu, akan lebih baik jika mengikuti kelas belajar bahasa Korea lebih intensif di sebuah lembaga bahasa Korea.