Memahami Penggunaan Kata “Saya” Dalam Bahasa Korea

saya bahasa koreaKali ini kita akan membahas ” dan penggunaannya dalam . “Saya” merupakan kata yang sangat penting untuk dipahami dan kata ini akan sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagaimana mungkin kita bisa membuat percakapan tanpa menggunakan kata saya?

“saya” merupakan kosa kata yang haus dipahami dalam mempelajari Bahasa Korea. Bahasa Korea “saya” ada bermacam-macam tergantung situasinya. Sebelum membuat kalimat-kalimat yang menggunakan kata “saya”, sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu jenis-jenispenggunaan kata “saya” dalam bahasa Korea. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya berikut ini:

나 (na)dalam kalimat menjadi : 나는 (na-neun), terkadang disingkat 난 (nan), jika menggunakan partikel topik 은 (yang juga bisa berfungsi sebagai subjek).

atau 내가 jika menggunakan partikel 가.

“saya” biasanya digunakan dalam percakapan antar teman dekat, atau orang yang sudah akrab (dalam bentuk ).
저 (jeo)dalam kalimat menjadi : 저는 (jeo-neun) jika menggunakan partikel topik 은 (yang juga bisa berfungsi sebagai subjek).

atau 제가 jika menggunakan partikel 가.

“saya” lebih sopan
나를 (na-reul)disingkat 날 (nal), dan

저를 (jeo-reul)

menggunakan partikel objek 을/를

 “saya” digunakan sebagai objek kalimat
내 (nae), 나의 (na-ui), 저의 (jeo-ui) “saya” untuk kepemilikan (atau my dalam Bahasa Inggris)
나도 (Nado) “saya juga”

Dari penjelasan di atas, kita dapat mencoba membuat sebuah kalimat sederhana dengan menggunakan kata “saya”. Kata “saya” akan sering digunakan dalam kalimat-kalimat memperkenalkan diri.  Sebagai , berikut adalah penggunaan kata “saya” dalam diri dalam bahasa Korea:

  • 저는 소개하겠습니다
    Jeoneun
    sogae hagesseumnida           (saya akan memperkenalkan diri)
  • 저를 소개합니다
    Jeoreul
    sogae hamnida                           (memperkenalkan diri sendiri)
  • 저는 …. 입니다
    Jeoneun
     …… imnida                                (saya ……. )
  • 저의 이름은 ….. 입니다
    Je
    o uiremeun …… imnida                       ( saya adalah …… )

Keterangan : titik-titik diisi sendiri dengan nama kalian.

Itulah penjelasan bahasa Korea dari “saya” serta macam-macam contoh penggunaanya dalam tata bahasa Korea. Anda bisa berlatih membuat kalimat sendiri dengan menggunakan kata “saya” sesuka hati Anda. Jika Anda sudah menguasai pelajaran ini, jangan lupa untuk terus berlatih dan menambah kosa kata bahasa Korea Anda.

Selain kata “saya”, berikut adalah beberapa kosa kata lainnya yang masih berhubungan, dan juga sering digunakan dalam berbagai percakapan sehari-hari:

  • Kamu                              – 너              (neo)
  • Dia (perempuan)        – 그녀           (geunyeo)
  • Dia (laki-laki)               -그               (geu)
  • mereka (objek)           -그들을         (geudeureul)
  • Mereka (subjek)         – 그들           (geudeul)

Untuk pembahasan lebih jelasnya mengenai kosa kata tersebut, mungkin akan kita bahas di kesempatan berikutnya. Sekian untuk pelajaran kali ini. Semoga Anda menikmatinya.

Loading...

Jika Anda ingin mempertahankan dan menambah pengetahuan baru bahasa Korea Anda, akan memerlukan sedikit latihan dan kerja keras. Latihan merupakan hal sangat penting untuk dilakukan dalam mempelajari bahasa asing. Akan lebih baik jika Anda kepada orang yang menguasai bahasa Korea atau mengikuti pembelajaran bahasa Korea di lembaga bahasa Korea.

Baca juga:  Kalimat-Kaimat Yang Sering Digunakan Dalam Percakapan Bahasa Korea Sehari-Hari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *