Mari Belajar Menulis Bahasa Korea (Hangeul) Dasar

menulis koreaSelain berbicara, dalam mempelajari bahasa perlu juga dan . memiliki tulisan atau jenis tersendiri yaitu (한글). Untuk mempelajarinya sendiri memang diperlukan usaha dan latihan khusus. Namun ada baiknya bila mengenal terlebih dahulu tulisan bahasa Korea (Hangeul).

Hangeul sendiri dianggap mudah dipelajari oleh banyak orang karena sebagian besar tulisannya berbentuk mirip memiliki suara yang sama juga, sehingga mudah untuk melihat hubungan dan mudah menghafal.

Mari kita mulai pelajaran kali ini mengenai belajar menulis bahasa Korea (Hangeul) dasar. Hangeul terdiri dari 2 jenis huruf yaitu konsonan dan vokal.

  • Konsonan

Ada 14 konsonan dasar di Korea dan lima konsonan ganda yang terbentuk dari konsonan dasar ㄱ, ㄷ, ㅂ, ㅅ, dan ㅈ.

Baca juga:  Kumpulan Nama Korea Yang Bagus Beserta Artinya
Basic_consonants

konsonan dasar

Konsonan ganda

Konsonan ganda

  • Vocal

Ada delapan vokal dasar suara bersama dengan 13 suara vokal kompleks lainnya. Vokal kompleks disebut diftong, yang merupakan kombinasi dari tidak lebih dari dua huruf hidup. Sedangkan beberapa vokal biasanya disuarakan dalam suku kata yang terpisah, masing-masing vokal menyusun diftong disuarakan bersama-sama dalam satu suku kata.

Basic_vowels

vokal dasar

Complex_vowels

Vokal kompleks

Semua vokal dasar diciptakan oleh tiga jenis stroke. Stroke pertama melambangkan surga dan merupakan titik (•). Jenis stroke berikutnya melambangkan bumi dan merupakan garis horizontal (ㅡ). Stroke terakhir melambangkan manusia (ㅣ). Simbol-simbol ini dikombinasikan untuk menciptakan vokal Korea, misalnya | ditambah • membuat ㅏ.

  • Blok suku kata

Korea ditulis dari kiri ke kanan dan yang dibentuk dengan menulis setiap suku kata dalam bentuk seperti blok. Setiap huruf dalam blok membentuk suara. Sebagai , bahasa korea ‘orang’ adalah 사람 dibaca “saram”, dan terdiri dari dua suku kata. Tulisan ㅅ + ㅏ membuat blok suku kata 사 (‘sa’), sementara ㄹ + ㅏ + ㅁ membuat suku kata berikutnya 람 (‘ram’).

Baca juga:  Jenis-Jenis Kata Kerja Dalam Bahasa Korea

Gambar di bawah ini akan menunjukkan perkiraan suara dari masing-masing suara Korea yang terkandung dalam kata.
사람
Suku kata Korea tersebut akan disusun dalam blok huruf yang memiliki awal konsonan, vokal tengah, dan konsonan akhir opsional. Sebuah blok suku kata terdiri dari minimal dua huruf, yang terdiri dari setidaknya satu konsonan dan satu vokal.

Juga perlu diingat bahwa, jika Anda ingin menulis hanya huruf vokal, maka harus ditulis dengan konsonan ㅇ, yang bertindak sebagai pengganti diam untuk posisi konsonan. Contohnya, Jika Anda ingin menulis vokal ㅏ, mereka harus ditulis 아 dengan ㅇ menjadi pengganti diam untuk posisi konsonan. Berikut contoh lebih lanjutnya:

Baca juga:  Aku Sayang Kamu Dan Kalimat-kalimat Romantis Dalam Bahasa Korea

Huruf vokal asli

Ditulis

Untuk sementara, cukup sekian pelajaran mengenai belajar menulis bahasa Korea (Hangeul) dasar. Untuk pelajaran lebih lanjut akan dibahas pada kesempatan berikutnya. Mungkin akan sedikit sulit jika belajar menulis bahasa Korea secara otodidak. Maka dari itu, akan lebih baik jika belajar bahasa Korea lebih intensif di lembaga kursus bahasa Korea.

No Responses

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *