Info Tes TOPIK Bahasa Korea Yang Harus Kamu Ketahui

saaat ini menjadi salah satu bahasa yang banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Dalam mempelajari  , ada beberapa tahapan yang harus dilewati, salah satunya yaitu tes (Test of Proficiency in Korean).

TOPIK yaitu tes bahasa Korea yang setara dengan TOEFL untuk  Bahasa Inggris. Tes TOPIK diselenggaakan oleh NIIED (National Institute for International Education), yaitu departemen pendidikan Korea. Tes ini diadakan pertama kali pada tahun 1997, dimana Indonesia mulai masuk ke dalam penyelenggara sejak tahun 2013.

Mulai Oktober 2014, tes TOPIK dibagi menjadi 2 yaitu TOPIK I untuk level Basic dan TOPIK II untuk level Intermediate dan Advanced.

Soal yang diujikan untuk tes TOPIK I adalah 40 soal dan 30 soal mendengar yang harus dikerjakan oleh peserta selama 100 menit. Nilai maksimal yang dapat diperoleh adalah 200. Sedangkan soal yang diujikan untuk TOPIK II adalah sebanyak 50 soal , 50 soal mendengar, dan 4 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 180 menit. Nilai maksimal yang dapat diperoleh adalah 300.

Baca juga:  Kumpulan Buku E-book Gratis Pelajaran Bahasa Korea

Tujuan diselenggarakannya ujian TOPIK I dan TOPIK II berbeda. TOPIK I ditujukan untuk peserta yang ingin menguji kemampuan bahasa Korea mereka, terutama untuk mereka yang Korea karena Hallyu lewat les atau otodidak. Sedangkan TOPIK II lebih ditujukan untuk peserta yang bahasa Korea di universitas atau untuk peserta yang akan melanjutkan pendidikan di Korea.

Pelaksanaan TOPIK di Indonesia dilaksanakan dalam waktu-waktu tertentu yang dijadwalkan oleh penyelenggara. Jika Anda tertarik untuk mengikuti tes ini, Anda harus terus belajar dan melatih kemampuan bahasa Korea Anda, baik secara otodidak ataupun melalui lembaga bahasa Korea. Mengikuti di sebuah lembaga bahasa lebih disarankan karena dapat membantu secara lebih efekif untuk menghadapi tes Topik bahasa Korea.

Baca juga:  Mengungkapkan Aku Cinta Kamu Dalam Bahasa Korea

Apalagi, semakin lama soal-soal ujian tes TOPIK bahasa Korea dianggap semakin sulit. Saat ini sudah tidak ada lagi batas kelulusan, dan semua bersaing untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar masuk dalam ranking kuota yang telah ditentukan.

Loading...

Untuk dapat melewati tes Topik Bahasa Korea dengan baik, maka Anda harus mengetahui dan Trik menghadapi tes TOPIK dari kami berikut ini:

  1. Belajar bahasa Korea melalui lembaga kursus bahasa Korea dengan program khusus TOPIK agar lebih terarah dan fokus. Anda bisa lebih banyak berlatih  mengerjakan soal-soal Tes TOPIK sebelumnya.
  2. Seperti kata pepatah “alah bisa itu karena biasa”, terus belajar dan berlatih  bahasa Korea. Jika masih belum menyukai bahasa ini, Anda harus mulai belajar untuk menyukai bahasa korea.
  3. Selain berusaha, hal yang tak kalah penting yaitu untuk selalu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya kita diberi kemudahan dalam menjalani ujian Topik.
Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kalimat Bahasa Korea Beserta Contoh

Demikian info serta tips yang mngkinn penting untuk Anda ketahui tentang tes Topik Bahasa Korea. Semoga bermanfaat.