Belajar Konsonan Rangkap Dalam Huruf Korea

konsoanBagi Anda yang masih pemula dalam , pelajaran yang harus dikuasai yaitu mengena -huruf hangeul Korea. Setelah sebelumnya kita membahas huruf-huruf Korea dan huruf vokal Korea, kali ini kita akan membahas mengenai Konsonan Rangkap Dalam Huruf Korea .

Alfabet korea atau Hangeul (한 글) memiliki 24 huruf abjad yang terdiri dari 14 konsonan dasar dan 10 vokal dasar. Dalam penyusunannya, konsonan dan vokal ini disusun menjadi suku kata dalam bentuk balok.

Kemudian dari sejumlah karakter tersebut dikembangkan lagi dengan ditambahkannya 11 huruf vokal rangkap dan 16 huruf konsonan rangkap. Huruf konsonan rangkap hangeul dibagi lagi menjadi dua kelompok yaitu “konsonan rangkap sama” dan “konsonan rangkap beda“.

Baca juga:  Belajar Bahasa Korea “Selamat Malam”

Huruf konsonan rangkap ini mungkin sedikit sulit untuk dijelaskan lewat tulisan, karena sulit untuk diucapkan oleh penutur bukan asli Korea karena tidak ada yang mirip dalam bahasa , bahasa Inggris atau lainnya.

Pengucapan huruf-huruf konsonan rangkap ini harus banyak latihan untuk diucapkan, jadi harus mendengarkan dengan seksama untuk pelajaran audio atau langsung dari pengajar bahasa Korea dan pastikan Anda dapat membedakannya dari bunyi huruf lain.

Konsonan rangkap sama dalam hangeul berjumlah 5 huruf, yaitu:

No. Huruf Nama Bunyi Awal Bunyi Tengah Bunyi Akhir
1. Sang Kiyeok Kk Kk k
2. Sang Tigeut Tt Tt
3. Sang Pieup pp Pp
4. Sang Siot ss Ss t
5. Sang Ch’ieut cc Cc

Selain konsonan rangkap sama, dalam penulisan suku kata atau kata dalam bahasa Korea juga terdapat konsonan rangkap beda yang ditulis pada akhir suku kata [batchim].
Huruf konsonan rangkap beda dalam huruf bahasa Korea yaitu:

Baca juga:  Ini Keunikan Bahasa Korea yang Membuatnya Layak Dipelajari
No. Bentuk huruf Romawi bertemu konsonan Contoh bertemu vokal
1 ks 넋 [nôk] 넋이 [nôk-si]
2 nj 앉다 [an-ta] 앉아 [an-ja]
3 n 많다 [man-ta] 많아 [ma-na]
4 ls 돐 [tol] 돐이 [tol-si]
5 lt 흝다 [heul-ta] 흝은 [heul-theun]
6 r 싫다 [sil-ta] 싫어 [si-rô]
7 ps 없다 [ôp-ta] 없어 [ôp-sô]
8 lg 읽다 [ik-ta] 읽어 [il-gô]
9 lm 삶다 [sam-ta] 삶은 [sal-meun]
10 lb 얇다 [yap-ta] 얇아 [yal-ma]
11 lp 읊다 [euph-ta] 읊은 [eul-pheun]

Sedangkan untuk tata penulisannya, huruf-huruf hangeul bahasa Korea tersebut dikelompokkan ke dalam blok suku kata yang mengandung konsonan awal (yang mungkin diam atau ganda), satu atau dua huruf hidup (di bawah atau ke kanan), dan kadang-kadang konsonan akhir (bawah).

Baca juga:  Daftar Lagu Terbaik Untuk Belajar Bahasa Korea

Ditambah lagi, meskipun telah dijelaskan diatas bagaimana penulisan hangeul dan cara membacanya, cara baca huruf Korea (Hangeu) memiliki banyak pengecualian dan berbagai aturan. Jika hal tersebut terjadi, cara baca diatas menjadi berubah (tidak sesuai aturan). contoh : kata 없다 seharusnya dibaca “obsda”, namunyang benar dibaca  “oebda”.
kata 있다 seharusnya dibaca “issda”, namun yang benar dibaca “ittda”

Demikian pembahasan kali ini tentang  mengenal konsonan rangkap dalam huruf Korea. Jika Anda menemui kesulitan dalam belajar bahasa Korea, akan lebih baik jika belajar bahasa Korea lebih intensif di lembaga bahasa Korea.

*SH

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *