Belajar Bahasa Korea “Selamat Pagi”

good morning

Seperti yang kita tahu, Korea dikenal memiliki yang ramah dan sopan, salah satunya tercermin dalam tata bahasanya. Saat dua orang saling bertemu, mengucapkan merupakan hal yang wajar dilakukan. Dalam bahasa Indonesia, yang digunakan biasanya berdasarkan waktunya seperti atau selamat siang, namun di Korea dasar tidak didasarkan pada waktu hari.

Lalu bagaimana mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea? Biasanya, kita dapat menggunakan salam 안녕하십니까 ( Annyeong hasimnika ) atau lebih akrab 안녕하세요 (annyeong haseyo) untuk mengungkapkan “Selamat pagi / selamat siang / selamat sore” sebagai ucapan.

Ucapan tersebut diucapkan di awal perjumpaan pada hari itu dan cukup sekali saja dalam satu hari. Untuk teman atau orang yang sudah akrab, atau kepada yang posisinya lebih rendah bisa cukup dikatakan “ Anyeong”. Namun jika diucapkan kepada orang yang tidak terlalu akrab, tetap digunakan 안녕하세요  (Annyeong haseyo).

Baca juga:  Cara Mengatakan Aku Kangen Dan Rindu Kamu Dalam Bahasa Korea

Jika Anda ingin mengucapkan selamat pagi secara harfiah, 좋은 아침 (joheun Achim) atau 좋은 아침 입니다 (joheun achimimnida) bisa digunakan. Tapi, di Korea sendiri ini malah sangat jarang digunakan sebagai ucapan selamat pagi. Jadi, ucapan 안녕하세요(annyeong haseyo) lebih lazim digunakan sebagai salam di sepanjang waktu di Korea.

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Korea yaitu 굿모닝 (gut-mo-ning), frase ini hanya cara orang Korea untuk pengucapan “Good Morning”.

Ucapan lain yang biasa digunakan orang Korea saat bertemu waktu pagi hari sebagai ucapan selamat pagi antara lain:

  • -안녕히 주무셨습니까 ( Annyeonghi Jumusyeotseumnikka )?
Baca juga:  Mengenal Huruf Abjad Dan Roman Dalam Bahasa Korea

ini kurang lebih berarti ”apakah tidur anda  nyenyak?”

  • -좋은 아침이에요 ( joheun achimieyo).

Ungkapan ini juga bisa digunakan sebagai ucapan ”selamat pagi“

Frase-frase lain yang yang berkaitan dengan selamat pagi yang bisa digunakan sebagai ucapan salam antara lain:

Loading...
  • 처음 뵙습니다 (cheo eum boepsemnida)
  • 만나서 반갑습니다 (mannaseo bangapseumnida)
  • 만나서 반가워요 (mannaseo bangaweoyo)

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat pagi atau salam dalam bahasa Korea. Kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk menyapa seseorang dalam bahasa Korea. Jika Anda memiliki kesulitan dalam memahami bahasa Korea, Anda bisa menanyakan kepada oang yang sudah menguasai bahasa Korea. Akan lebih baik jika dengan mengikuti pembelajaran bahasa Korea di lembaga bahasa Korea.