Belajar Bahasa Korea Online Free

sogang-korean-program

Bahasa korea seakan ikut terseret popularitasnya seiring dengan maraknya music-musik dan drama asal selatan yang menjamur di pertelevisian Indonesia. Bahkan tren music K-pop oleh para boyband dan girlband sudah memiliki segudang fans di Indonesia dan seluruh dunia. Para remaja pun semakin getol mempelajari bahasa korea baik secara sadar maupun tidak. Mulai dari menonton yang didownload tanpa subtitle, atau sekedar menyanyikan lagu berbahasa korea.

Bahasa korea sendiri sebenarnya merupakan bahasa yang digunakan di 2 negara asalnya, yaitu korea utara dan korea selatan. Namun, akhir-akhir ini sejalan dengan popularitas Kpop dan Kdrama, maka bahasa korea juga ikut-ikutan digunakan di Negara-negara lain yang terkena efek boomingnya.

Selain para remaja yang getol Kpop dan Kdrama, di sisi lain Indonesia juga mengekspor sebagian TKI ke korea. Para Calon TKI ini harus melalui seleksi awal yaitu dengan syarat lulus ujian bahasa Korea(-KLPT/-Topik). Jika Anda berminat untuk mempelajari bahasa korea, maka saat ini kesempatannya terbuka sangat luas. Mulai dari bimbingan yang sifatnya tanpa biaya atau (biasanya bersifat online tutorial, dsb.) hingga berbagai lembaga bahasa atau bahasa yang mematok harga jutaan rupiah. Namun  sekali lagi, apapun bentuknya, motivasi yang kuat akan sangat berpengaruh dalam keberhasilan Anda memepelajari bahasa Korea.

Baca juga:  Mengucapkan Selamat Tinggal dan Sampai Jumpa

Beberapa materi yang biasanya dipelajari dalam bahasa korea antara lain, adalah :

    1. Skill membaca dan menulis (Reading and writing skill)
      Bahasa korea ditulis dengan huruf (한글), jadi sudah menjadi syarat mutlak untuk dapat menguasai huruf , yaitu dengan mengerti cara membaca dan menulisnya.
    2. Skill mendengarkan (Listening skill)
      Bahasa Korea memiliki sifat adanya perubahan pada predikat (seperti tasyrif dalam bahasa arab). Pada bahasa korea perubahan pada kerja dapat terjadi jika disertai keterangan waktu atau tingkatan bahasa (non formal maupun formal).
    3. Tata Bahasa (Grammar)
      Bahasa korea juga memilki aturan tata bahasa layaknya grammar dalam Bahasa Inggris.
    4. Kosakata (Vocabulary)
      Setiap penguasaan bahasa asing akan selalu menuntuk penguasaan kosakata yang luas, karena Kosakata merupakan akar dari bahasa itu sendiri. Maka dari itu, untuk menguasai bahasa korea dengan baik , maka diperlukan penguasaan kosakata yang cukup.http://korean.sogang.ac.kr/
Baca juga:  Pentingnya Faktor Usia dalam Kultur Budaya Korea

sogang-korean-programJika Anda tertarik untuk bahasa Korea secara online yang pastinya gratis, maka berikut ini adalah beberapa referensi situs yang dapat Anda kunjungi misalnya KBS World Radio, Indonesia Culture Center, dan  Talktomeinkorean. Selain itu ada juga beberapa situs yang menarik untuk Anda kunjungi, diantaranya :

Baca juga:  Contoh Percakapan tentang Keluarga dalam Bahasa Korea

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.