Arti Nama-Nama Populer Yang Banyak Digunakan Dalam Bahasa Korea

nama koreaPada satu saat, mungkin kita pernah mengalami hal ini di sekolah dimana orang di kelas yang sama memiliki yang sama. -nama yang paling dan banyak digunakan dalam periode waktu tertentu biasanya mencerminkan apa yang disukai dan dihargai pada waktu itu, seperti halnya di .

Pada tahun 1948, nama anak yang paling banyak terdaftar di Korea adalah 영수 (Young-soo), diikuti oleh 영호 (Young-ho) dan 영식 (Young-shik). Dari atas 5 nama anak laki-laki yang paling terdaftar, 4 memiliki karakter ‘영’ (永, di Hanja). Preferensi ini untuk karakter ini mungkin karena selama periode waktu, banyak anak meninggal di usia muda.

Sebagai ‘영’ berarti ‘menjadi panjang’, orang tua suka memberi nama anak-anak mereka dengan karakter ini untuk melindungi mereka dari sakit dengan harapan anak-anak mereka menjalani hidup sehat dan umur panjang.

Baca juga:  Inilah Daftar Drama Korea Terbaru 2015 Wajib Tonton

Sedangkan untuk nama gadis paling banyak berakhir dengan karakter ‘자’ (子 di Hanja) yang berasal dari kata dalam bahasa Jepang ~ 코, yang berarti ‘anak’. Salah satu nama yang paling umum untuk anak perempuan adalah 미옥 (Mi-ok), yang merupakan terjemahan dari nama Jepang 미야꼬 (Mi-ya-KKO). Karakter ‘정’ (貞 / 晶 di Hanja) dan ‘숙’ (淑 di Hanja) juga populer di nama anak perempuan pada waktu itu, karena keduanya memiliki karakter yang berarti berbudi luhur.

Saat itu, menjadi istri dan ibu yang bijaksana adalah salah satu nilai yang paling penting untuk dicapai bagi seorang wanita. Preferensi ini tercermin dalam nama-nama gadis populer. Selain itu, karakter ‘순’ (順 di Hanja), dengan yang lembut dan ringan juga populer karena mencerminkan keinginan orang saat itu hidup tanpa kesulitan apapun.

Baca juga:  Mempelajari Contoh Kalimat Bentuk Pasif Bahasa Korea

Dengan ekonomi Korea berkembang pesat dari tahun 1960-an, nama-nama yang paling disukai juga berubah. Nama yang paling umum untuk anak laki-laki yaitu 성호 (Seong-ho), menggantikan 영수. Karakter ‘성 (成 / 晟, yang berarti’ kesuksesan / kecerahan dalam hanja) ‘dan’ 훈 (勳, yang berarti ‘kesuksesan, kontribusi dalam hanja)’. Nama ini mencerminkan keinginan orang tua agar anak-anak mereka menjadi sukses.

Adapun untuk anak perempuan, karakter ‘미’ (美, yang berarti ‘keindahan’ di Hanja) dan ‘은’ (銀, yang berarti ‘perak’ di Hanja) yang populer saat itu memiliki arti keindahan dan berharga.

Pada akhir 1980-an, saat industri di Korea tumbuh, orang tua ingin memberikan anak-anak mereka awal yang utama dengan mendaftarkan mereka ke sekolah. Dengan demikian, karakter ‘지 “(知 / 智, yang berarti’ pengetahuan / kebijaksanaan dalam Hanja), dan ‘혜” (慧, yang berarti’ menjadi dalam Hanja) yang populer di nama yang diberikan untuk kedua anak laki-laki dan perempuan di waktu itu.

Kecenderungan berubah lagi pada era Milenium. Nama anak yang paling disukai adalah 민준 (Min-Juni). Popularitas nama ini mencerminkan nilai kekayaan dalam masyarakat. Selanjutnya, karena globalisasi, nama-nama anak laki-laki seperti 민준 dan 지훈 yang dapat diucapkan dengan mudah oleh orang asing, lebih disukai.

Nama gadis yang mudah bagi orang asing untuk mengucapkan juga disukai. Juga, nama netral yang dapat digunakan baik untuk anak perempuan dan laki-laki telah populer dalam beberapa tahun terakhir seperti 서윤 (Seo-yoon), 서연 (Seo-yeon), 민서 (Min-seo).
Karakter ‘서’ (瑞 di Hanja), ‘민 (珉 di Hanja) dan’ 윤 ‘(潤 di Hanja) memiliki arti sukses, dan mencerminkan keinginan orang tua untuk anak-anak mereka untuk menjadi sukses dalam hidup.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana popularitas nama-nama di Korea yang berubah seiring dengan fenomena sosial seiring berjalannya waktu. Apakah Anda juga tertarik untuk mempunyai nama Korea?

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *