Alasan Musik K-Pop Sangat Disukai di Kawasan Asia

Selain dikenal sebagai salah satu yang maju, juga populer dengan budaya Korean Pop-nya alias K-Pop. Bahkan hingga saat ini K-Pop berhasil menyebarkan ‘virus’ K-Pop hingga ke berbagai penjuru dunia, terutama di seluruh , termasuk . Lantas mengapa K-Pop begitu populer di Asia?

Musik K-Pop - showbiz.liputan6.com

Musik K-Pop – showbiz.liputan6.com

Rupanya K-Pop mengusung konsep yang cukup berbeda dari Amerika. Dalam K-Pop, musik yang dihasilkan memang diperuntukkan bagi kalangan muda yang terfokus pada sang ‘idol’ alias idola yang tidak hanya mampu menyanyi, tetapi juga menghibur. Bukan hanya menikmati musiknya, para penggemar K-Pop umumnya justru lebih cinta pada idola favorit mereka.

Apabila dibandingkan dengan seniman Amerika pada umumnya, idol di dunia K-Pop memiliki sejumlah kelebihan, misalnya saja wajah dan tubuh yang atraktif, merilis -lagu yang mudah diingat terlepas dari seperti apa kemampuan vokal mereka, memiliki koreografi yang catchy dan kompak dengan tiap anggota boyband atau girlband, bahkan beberapa idol juga bermain di sejumlah K-Drama meski kemampuan akting dari setiap idol sangat berbeda.

Tak cukup sampai di situ, sebagian besar idol kerap dikontrak oleh banyak besar untuk muncul di iklan produk-produk tertentu, tampil dalam acara di TV (talk show, show, dsb), menjadi tamu di radio, tampil lebih dari 4 kali seminggu dalam acara musik TV, tampil mingguan di sejumlah taman hiburan hingga universitas, menggelar konser, jumpa fans, aktif mempromosikan musiknya di negara lain, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Ini Keunikan Bahasa Korea yang Membuatnya Layak Dipelajari

Sementara itu musisi Amerika biasanya hanya sebatas merilis album atau video klip musik terbaru mereka atau menggelar tur keliling dunia. Terlepas dari itu semua, para penggemar selalu memiliki alasan tersendiri untuk menyukai idol K-Pop atau artis Amerika.

Penggemar K-Pop tentu paham betul jika industri K-Pop di Korsel didominasi oleh 3 perusahaan besar, antara lain SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Dalam industri K-Pop, para agensi musik biasanya akan merekrut dan memproduksi idol yang berasal dari anak-anak atau remaja, kemudian mereka akan dilatih selama bertahun-tahun untuk menyanyi atau nge-rap, dance atau akting, asing, diet, operasi plastik, dan masih banyak lagi.

Dari proses yang panjang itu tentunya mampu menghasilkan idol-idol yang hingga kini cukup dikenal luas di dunia K-Pop mulai dari SNSD, Big Bang, hingga miss A. Di samping itu, dari segi budaya tentunya budaya di Asia memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya. Jika lagu-lagu Amerika dikenal lebih vulgar, lagu-lagu K-Pop justru sebaliknya. Umumnya K-Pop menceritakan seputar percintaan yang sederhana dan tidak mengandung unsur seksual. Hal inilah yang membuat K-Pop cukup disukai di Asia.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *