Alasan Karakter 情 Memiliki Bentuk yang Berbeda di Bahasa Korea & China

Glyph atau representasi 情 dalam menunjukkan bahwa Korea masih tetap menggunakan standar lama, sementara karakter -negara lain telah berubah. Hanja (karakter China) telah digantikan oleh sebagai penulisan utama di Korea dan standar Korea tidak melakukan perubahan besar untuk tiap glyph-nya.

Sedangkan glyph dalam contoh Bahasa China merupakan yang baru. Glyph yang baru sekarang telah ditetapkan dan digunakan di Jepang, Hongkong, dan Cina daratan. Taiwan menggunakan glyph yang mirip, namun bagian bawah lebih melengkung dan tampak seperti karakter moon – 月.

Bahasa Korea - tkikoreajogja.com

Bahasa Korea – tkikoreajogja.com

Jadi, dua contoh di atas tak menunjukkan perubahan dari ke karakter yang telah disederhanakan. Mereka berhubungan dengan standar glyph yang ditetapkan masing-masing wilayah.

Baca juga:  Membuat Kartu Ucapan Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Dua karakter 情 ditampilkan dalam beberapa penulisan yang berbeda dari karakter yang sama. Versi Korea didasarkan pada glyph lama, sedangkan versi China telah memakai glyph yang baru.

Glyph yang baru juga dikenal sebagai xinzixing (新字形), merujuk pada standar baru untuk karakter glyph yang dibentuk oleh RRC. Di baliknya menggunakan glyph lama, standar sebelumnya.  Glyph lama sebagian besar berasal dari berbagai bentuk karakter yang digunakan dalam Imperial China. Pada praktiknya, itu juga standar glyph cetak dalam lingkup budaya sinographic hingga Jepang, Korea, dan Vietnam yang masing-masing datang dengan perubahan regional dan penulisan baru.

Selain glyph baru, China daratan juga menyederhanakan karakter China, yang merupakan dua hal terpisah. Keseluruhan memakai glyph baru, namun hanya beberapa karakter glyph yang dibuat untuk keperluan cetak. Sementara itu karakter China yang disederhanakan memuat satu set karakter standar yang sebagian besar berdasar pada bentuk pendek dan kursif. Dengan lain, 2 karakter dalam contoh di atas hanyalah menunjukkan perbedaan standar glyph regional antara China dengan Korea.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *